Belajar Bongkar Dan Service CVT
Service cvt motor matic disarankan maksimal setiap 6 bulan
atau 6ribu kilometer,tujuannya agar kondisi komponen part bagian cvt tidak
cepat uas dan akselerasi motor tetap terjaga juga mengetahui jika ada komponen
part yang sudah aus bisa diganti agar tidak mrembet ke part yang lain
Lalu bagaimana jika kang bro mau bongkar sendiri cvt motor
matic,langsung saja silahkan disimak ,maaf jika terlalu buanyak
gambarnya,tujuannya biar lebih jelas dan paham cara bongkar pasangnya.langsung
saja dech nggak usah banyak cuap2 .
Untuk motor mio series harus buka cover paling bawah
tujuannya untuk melepas foot step sebelah kiri,lepas saja baut 3 pcs pakai
obeng plus lancip.
Setelah cover terbuka kemudian lepas foot step kiri pakai
kunci ring 12 ada 2 baut ukuran 12 disitu.
setelah foot step dilepas lalu buka cover tutup cvt paling
atas untuk mio series,jika motor matic injeksi beda bentuknya tapi sama mesti
buka tutup cover filter cvtnya dulu.jika di mio pakai kunci sok 8 sedangkan motor
injeksi pakai sok 10.
Jika sudah kelepas,maka terlihat filter cvt yang sudah kotor
banyak debunya.
emudian lepas cover atas cvt pakai sok 8 ada 4 baut disitu,
Dibagian ujung cover cvt ada baut plus,cukup dikendorkan
saja,lihat gambar dibawah ini,
Jika sudah dikendorkan kemudian lepas cover yang diujung
depan cover filter cvt,lihat gambar dibawah,lepas baut ukuran 8 pakai kunci sok
8,cuma ada satu baut.
Kemudian lepas cover cvt paling belakang yang ada tulisan
yamaha,disitu ada 2 baut plus dan 1 baut ukuran 8.
Semua sudah dilepas sisa satu cover utama lepas semua baut
ukuran 8 pakai kunci sok8,lepas semua baut disekeliling cover cvt dan satu baut
di tengah2 cover.
sekarang terlihat dech jeroan cvt-nya,
Kemudian lepas mur as cvt depan pakai sok 17 ,jika kang bro
punya impact dan ada kompresor maka lebih mudah untuk membukanya tapi jika
tidak ada maka harus manual
Untuk cara manual harus pakai kunci traker seperti gambar
berikut,
Jangan sekali2 menahan kipas cvt pada kisi2nya karena tidak
akan kuatdan pasti akan patah,lihat gambar dibawah contoh cara bongkar yang
salah.
Jika bagian depan sudah terlepas maka rumah roller bisa
dilepas dan cek kondisi roller apakah sudah aus atau masih bulet,jika sudah
aus/peang sisarankan untuk diganti agar performa motor tetap terjaga.
Lanjut lepas bagian rumah kopling pakai kunci sok 24 ,
Jika manual caranya pakai traker lalu ditahan seperti gambar
dibawah,
Jika mur kopling sudah kendor taruh kampas kopling assy
dibawah/lantai agar proses melepas mur lebih mudah,hati2 saat melepas mur
kampas kopling sambil ditahan karena jika tidak ditahan kampas kopling akan
terbang karena didorong oleh per kampas kopling.
Lanjut lepas tutup sift camnya(seat scondary spring),congkel
dengan obeng men jika sudah naik sedikit tinggal diputar sambil diputar pakai
tangan.
Kemudian lepas pin guide(pin) ada 3 pcs,ambil pakai obeng
lancipzz
Semua rangkaian part cvt sudah dibongkar lanjut bersihkan
pakai bensin semua part cvt,kecuai kampas kopling,v-belt dan rumah kopling,part
ini jangan di cuci pakai bensin karena akan berakibat selip jika kena bensin.
kampas kopling,rumah kopling dan v belt jangan dicuci pakai
bensin
Jika sudah dicuci bersih dan dikeringkan dengan udara
bertekanan atau kompresor jika tidak ada kompresor setelah dicuci dilap agar
bersih dan kering.
pada ketiga sisi sepatu koplingnya,cukup diamplas tipis
saja.begitu juga bagian rumah kopling juga diamplas pada sisi dalam yang
bersinggungan dengan kampas kopling sampai kelihatan bersih.kemudian cek
kondisi v-belt apakah masih layak pakai atau tidak caranya jika v-belt
kelihatan tidak ada retak2nya maka v-belt masih bisa dipakai,kalo di beres ada
alat khusus
untuk ngecek kondisi v-belt apakah masih tebal atau layak
pakai,lihat gambar dibawah.
Kemudian siapkan greas cvt atau gemuk khusus cvt,di yamaha
tersedia pelumas untuk part cvt.greas tersebut ada 2 macam dalam satu
kemasan,yaitu greas primary sheave untuk melumasi part
cvt nagian depan atau rumah roller,yang kedua greas scondary
sheave untuk melumasi part bagian belakang atau dudukan kampas kopling.
Berikut part yang dilumasi greas primary sheave,
dan berikut part bagian belakang yang dilumasi pakai greas
scondary sheave,
Langsung saja lumasi part rumah rollernya,ambil gemuk
sedikit saja jangan terlalu banyak(secukupnya saja) karena jika terlalu banyak
greas akan keluar dan loncat ke v-belt dan berakibat selip.
Jika sudah dilumasi lanjut masukkan bos,setelah bos rumah
roller dimasukkan pada ujung bos akan ada sisa greas dan lanjut dibersihkan,lihat
gambar dibawah.
Lanjut pasang roller,dimotor kang ari ini pakai roller TDR
7gram 3 pcs dan roller NOUVO 3 pcs.pasangnya disilang,jika pakai roller standar
langsung pasang saja.lanjut pasang tutup rollernya.
Lanjut rakit bagian belakang,pasang scondary sliding pada
primary sliding(as dudukan kampas kopling),kemudian pasang ketiga pin guide.
Kemudian dudukan pin guide dikasih greas secukupnya saja,
Lalu pasang tutupnya(seta scondary spring),jika tutup pin
guide sudah aus maka wajib ganti karena akan menyebabkan greas keluar dari
dudukan pin guide,lihat gambar.
Lalu pasang tutupnya,kemudian pasang per kampas
kopling.langkah selanjutnya pasang kampas kopling.
Untuk pemasangan kampas kopling agak susah sedikit,siapkan
mur kampas koplingnya lalu kampas kopling ditekan pakai kedua tangan kearah bawah kemudian ditahan pakai kaki
kanan dan tangan kanan ambil murnya lalu dipasang dech.
Jika mur sudah kepasang lalu pasang kencangkan pakai
traker,sistem cara pengencangannya sama seperti saat waktu melepas.
Berikut ada sedikit video di copy dari youtube,tp jgn di
contoh pemakaian greasenya krn bukan greas yg direkomendasikan,yg penting cara
bongkar pasangnya.
Kemudian siapkan alkohol,fungsinya untuk membersihkan
permukaan part agar kesat sehingga v-belt tidak selip saat berputar.bersihkan
part cvt yang bersinggungan langsung dengan pergerakan v-belt saat v-belt
berputar,lihat gambar.
Caranya alkohol dituang ke lap bersih kemudian lap yang
basah dengan alkohol tersebut dioleskan ke part2 cvt,lihat gambar yang dikasih
tanda panah itulah bagian yang di bersihkan pakai alkohol.
Lanjut pasang rumah roller assy ke as primary
(kruk-as),jangan lupa ada ring tipis,
Lanjut pasang kipas cvtnya,lalu ring bintangnya jangan
ketinggalan ya…
lanjut pasang mur kick starternya,
lalu ring as dan lanjut mur 17 nya,
Lanjut kencangkan mur 17 pakai impact atau manual,
Lanjut pasang v-belt,untuk pasang v-belt caranya pasangkan
kampas dan rumah kopling pada as cvt belakang lalu masukkan v-belt dudukannya
sambil dudukan v-belt ditarik kearah kebelakang sambil kedua jempol menekan
v-belt agar masuk kedalam,lihat gambar dibawah,
Kemudian kampas kopling assy dikeluarkan dari as-nya tapi
v-belt jangan sampai terlepas lalu v-belt di cangkolkan ke as krukas(rumah
roller),kemudian sambil ditarik kebelakang pasangkan kampas kopling assy ke
bagian as belakang.
Biar lebih jelas,lihat video berikut
Lanjut pasang rumah koplingnya,lalu kencangkan mur 24 nya.
Jika sudah dikencangkan mur 24 jangan lupa pasang oring
kecilnya.
Selesai sudah semua part cvt telah selesai dipasang.
Lanjut pasang cover cvt-nya,sebelum dipasang dibersihkan
dulu,
setelah sudah bersih Lanjut pasang covernya,lalu cover yang
kecil urutannya seperti saat proses pelepasan tinggal dibalik saja,he3….
Karena saat proses lepas tutup filter cvt busanya terlihat
kotor maka sebelum dipasang dibersihkan dulu,
Caranya dicelupkan kedalam bensin lalu diremas2 sampai
bersih dan disemprot pakai angin bertekanan ,jika sudah sudah bersih lanjut…
busa filter cvt dilumasi sedikit oli lalu diremas agar oli merata.lihat
videonya.
Kemudian tutup cover tutup filter cvt-nya,lalu pasang foot
step dan cover lowernya.Dan selesai sudah.
Puanjang banget ya tulisannya jlimet dan banyak
gambarnya,tapi sangat bermanfaatkan ???
Tutorial cvt cara betulkan cvt motor
Reviewed by Unknown
on
Februari 11, 2018
Rating:
Tidak ada komentar: